Rabu, 16 Mei 2012

KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatan masyarakat merupakan unsur penting dalam pembangunan oleh sebab itu pemerintah pusat,daerah dan desa berupaya agar bisa memberikan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik. Beberapa fasilitas pelayanan kesehatan sudah tersedia di tingkat kecamatan dan desa. Ini membuktikan bahwa pemerintah telah berusaha dengan sungguh – sungguh dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Untuk menunjang program pemerintah tersebut khususnya dibidang kesehatan perlu adanya dukungan dari masyarakat desa, oleh sebab itu pemerintah desa giritirto mendorong untuk mengoptimalkan layanan masyarakat dibidang kesehatan melalui Pos Yandu yang tersebar di 7 padukuhan di bawah koordinasi Desa Siaga.
Peran aktip kader- kader desa dalam membantu pemerintah dalam melakukan penyuluhan- penyuluhan kepada masyarakat agar bisa menjaga kesehatannya.


Gambar disamping menujukan kesadaran warga Desa Giritirto dari RT/RW, Karang taruna, Tokoh Agama, PKK Padukuhan dan Kader Padukuhan telah sepakat atau ikrar bersama tentang STOP BAB Sembarangan yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2011.


Pada bulan oktober 2011 itu juga pemerintah desa dan Dinas Kesehatan langsung membentuk TIM FASILITATOR yang beranggotakan Tokoh masyarakat, perangkat desa serta Dinas kesehatan mengadakan sosialisasi/pemicuan STOP BABS di padukuhan gading dan Ploso

Pemetakan Kepemelikan Jamban

 
Dari hasil tersebut akhirnya warga masyarakat desa giritirto secara suka rela yang belum mempunyai jaman/wc akhirnya membangun.
Potensi dan fasilitas kesehatan di desa giritirto
Peningkatan kesehatan bagi warga masyarakat desa giritirto di dukung beberapa fasilitas kesehatan antara lain : Puskesmas Pembantu, Pos Yandu, Puskesdes, petugas kesehatan , serta dukun bayi.





Disamping beberapa fasilitas kesehatan tersebut diatas, kesehatan masyarakat juga dipengaruhi terhadap beberapa hal antara lain kebersihan lingkungan, tersediaanya cakupan kebutuhan air bersih, serta jamban keluarga,

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More